Home Berita Prof. Yoshihito Shiono, Ahli Kimia Organik dari Jepang, Jadi Dosen Tamu di FMIPA Unpad
Prof. Yoshihito Shiono, Ahli Kimia Organik dari Jepang, Jadi Dosen Tamu di FMIPA Unpad

Prof. Yoshihito Shiono, ahli Kimia Organik  dari Yamagata University, Jepang. (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 6/12/2016] Prof. Yoshihito Shiono, ahli Kimia Organik  dari Yamagata University, Jepang menjadi dosen tamu di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran mulai Senin (5/12) kemarin hingga Sabtu (10/12) mendatang. Kegiatan mengajar yang dilakukan Prof. Shiono ini terintegrasi dengan kurikulum di Departemen Kimia FMIPA Unpad.

Di FMIPA, Prof. Shiono memberikan kuliah kepada sejumlah mahasiswa di Departemen  Kimia FMIPA Unpad untuk mata kuliah Kimia Organik dan Elusidasi Struktur.  Mata kuliah diberikan dalam lima kali pertemuan dalam satu minggu. Selain memberikan materi kuliah, Prof. Shiono juga ikut memberikan ujian akhir dan nilai pada mahasiswa.

 

“Prof. Shiono ini terlibat dalam kurikulum kita, jadi delapan pertemuan sama saya, sisa pertemuannya sama Prof. Shiono,” jelas Guru Besar Kimia FMIPA Unpad,  Prof. Unang Supratman.

Perkuliahan Kimia Organik dari Prof. Shiono diberikan kepada mahasiswa S-1 semester 3, dan mata kuliah Elusidasi Struktur diberikan kepada mahasiswa S-1 semester 7, juga mahasiswa jenjang S-2 dan S-3.

Kehadiran Prof. Shiono diharapkan dapat semakin meningkatkan kualitas lulusan Unpad. Prof. Shino sendiri dinilai sangat ahli dan memiliki banyak pengalaman dalam bidang Kimia Organik dan Elusidasi struktur. Pengalaman Prof. Shiono dalam bidang Kimia Organik dan Elusidasi Struktur pun diharapkan dapat dibagikan kepada civitas academica Unpad.

“Kita datangkan pengajar dari luar, kita bisa melihat ternyata kualitas pembelajaran kita tidak jauh berbeda. Mahasiswa kita juga bisa lebih percaya diri dan kemampuannya bertambah,” kata Prof. Unang.

Selain meningkatkan kualitas pembelajaran di Unpad, diharapkan keterlibatan Prof. Shiono dalam kegiatan pembelajaran di Unpad juga dapat meningkatkan kerja sama antara kedua belah pihak, termasuk dalam hal riset dan publikasi bersama.

“Jadi sama-sama meningkat lah levelnya,” harap Prof. Unang.

Selama ini, kerja sama Unpad dengan Yamagata University telah banyak dilakukan, seperti riset bersama, pertukaran mahasiswa, dan publikasi bersama. Sejak 5 tahun lalu, Prof. Shiono dan Prof. Unang pun melalukan joint research mengenai senyawa bioaktif di tanaman mangrove di Indonesia, dan telah menghasilkan sejumlah publikasi internasional. Menurut rencana, pada tahun 2016 mendatang, lima mahasiswa Kimia Organik terbaik  di Unpad akan diikutsertakan dalam program summer di Yamagata University, Jepang. *

Laporan oleh: Artanti Hendriyana

 
We have 27 guests online