Home Berita Mahasiswa Kimia Unpad Ikuti Sakura Exchange Program in Science ke Tokyo Metropolitan University
Mahasiswa Kimia Unpad Ikuti Sakura Exchange Program in Science ke Tokyo Metropolitan University

Mahasiswa Kimia Unpad bersama dosen pendamping dan dosen Tokyo Metropolitan University (TMU) saat mengikuti Sakura Exchange Program in Science di TMU Jepang, 29 Februari hingga 9 Maret 2016 lalu *

[Unpad.ac.id, 17/03/2016] Sebanyak 10 mahasiswa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad mengikuti Sakura Exchange Program in Science di Tokyo Metropolitan University, Tokyo, Jepang, pada 29 Februari hingga 9 Maret 2016 lalu.

Para mahasiswa tersebut yaitu Eriya Utama, Inten Ihsanun Nisa, Friska Hasugian, Septiana Akbar, Satrio Bagas Ramadhani, Sinta Marfiani, Asyifa Rizki Utami, Fitri Lastiyanti, Astri Aldelina, dan Desy Rosyani, dengan dosen pendamping Dr. rer.nat. Iwan Hastiawan dan Dr. Atiek Rostika Noviyanti.

 

“Program tersebut bertujuan untuk membuka jalan kerja sama antara Universitas Padjadjaran dengan Tokyo Metropolitan University,” kata Eriya Utama dalam rilis yang diterima Humas Unpad.

Selama mengikuti Sakura Exchange Program, para mahasiswa melakukan kegiatan perkuliahan, eksperimen di laboratorium, serta mempresentasikan hasil eksperimen di laboratorium kepada para profesor dan pelajar TMU.

Kegiatan eksperimen di Tokyo Metropolitan University dibagi ke dalam laboratorium yang berbeda, yaitu Laboratorium Kimia Organik, Laboratorium Kimia Analitik, Laboratorium Kimia Anorganik dan Laboratorium Kimia Material. Di masing-masing laboratorium tersebut, mahasiswa Unpad mengerjakan eksperimen dibawah pengawasan profesor yang menaungi laboratorium tersebut secara langsung.

Selain itu, pada Senin (7/03) lalu, mahasiswa Unpad juga mengikuti acara The 2nd International Forum on Applied Chemistry. Dengan demikian, mahasiswa yang telah selesai menempuh program ini sudah resmi menjadi anggota Sakura Science Club yang dapat bermanfaat untuk terus menjalin komunikasi serta saling berbagi mengenai perkembangan di bidang sains dan teknologi antara Jepang dan Indonesia.

“Dengan terjalinnya kerja sama ini, saya harap dapat lebih membuka peluang dalam bidang joint research, bahkan bagi mahasiswa Unpad yang ingin melanjutkan studi Master program ataupun Doctoral program bisa lebih termudahkan lagi,” harap Eriya.

Sakura Exchange Program in Science ini didukung oleh Department of Applied Chemistry, Tokyo Metropolitan University dan Japan Science and Technology Agency (JST).*

Rilis oleh: Kimia FMIPA Unpad / art

 
We have 18 guests online