Home Berita
Sebanyak 300 Peserta Mancanegara Ikuti Seminar bertema Green Chemistry di Unpad

[Unpad.ac.id, 20/11/2014] Departemen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad bekerja sama dengan Indonesian Chemical Society menggelar “3rd International Seminar on Chemistry 2014″ di Aula Pusat Studi Bahasa Jepang FIB Unpad Kampus Jatinangor, 20-21 November 2014.

Wakil Rektor I Unpad, Prof. Engkus Kuswarno, saat membukat seminar (Foto oleh: Tedi Yusup)*

Ketua pelaksana kegiatan, Dr.rer.nat. Iwan Hastiawan, mengungkapkan, acara yang telah ketiga kalinya digelar ini merupakan wadah untuk berbagi ilmu pengetahuan kimia terbaru dengan para kimiawan dari berbagai negara serta berbagai wilayah di Indonesia.

 

“Yang banyak jadi masalah saat ini pengrusakan dunia sehingga (dalam seminar ini) kita ingin angkat green chemistry,” ujar Dr. Iwan saat ditemui di sela kegiatan, Kamis (20/11).

Konsep recycle/daur ulang menurut Dr. Iwan juga diterapkan pada bidang IImu Kimia. Hal ini didasarkan pada tingkat kemajuan pada bidang ilmu kimia yang ikut meningkat. Meskipun peningkatan kesejahteraan manusia terjadi, kerusakan lingkungan menjadi rawan terjadi.

Oleh karena itu, konsep green chemistry tersebut terepresentasikan dalam tema seminar, yaitu: “Innovations and Advances in Chemistry for the 21st Century Challenges”. Ada 8 invited speakers yang diundang dalam acara ini yang merupakan kimiawan dari negara Selandia Baru, Jepang, Malaysia, Jerman, Amerika Serikat, dan Indonesia.

“Masing-masing invited speaker rata-rata juga berbicara mengenai penerapan konsep green chemistry pada setiap bidang,” jelas Dr. Iwan.

chemi4chemi1chemi2

Acara ini juga diikuti oleh 300 partisipan dari mancanegara , 99 peserta oral presentation, dan 87 peserta poster presentation. Menurut Dr. Iwan, beberapa presentasi terbaik akan dipublikasikan ke dalam jurnal internasional. Selebihnya, paper akan dilakukan review menjadi proceeding seminar untuk diterbitkan 3 bulan berikutnya.

Acara yang mejadi bagian dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-57 Unpad ini dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. Engkus Kuswarno, M.S. Menurutnya, acara ini dapat bertujuan meningkatkan kualitas institusi melalui penelitian bersama di bidang ilmu Kimia.

“Kita harapkan ini menjadi kesempatan baik untuk saling bertukar pengetahuan,” jelas Prof. Engkus.*

Laporan oleh: Arief Maulana / eh

 
We have 5 guests online