Home Berita
News
Prof. Yoshihito Shiono, Ahli Kimia Organik dari Jepang, Jadi Dosen Tamu di FMIPA Unpad

Prof. Yoshihito Shiono, ahli Kimia Organik  dari Yamagata University, Jepang. (Foto oleh: Dadan T.)*

[Unpad.ac.id, 6/12/2016] Prof. Yoshihito Shiono, ahli Kimia Organik  dari Yamagata University, Jepang menjadi dosen tamu di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran mulai Senin (5/12) kemarin hingga Sabtu (10/12) mendatang. Kegiatan mengajar yang dilakukan Prof. Shiono ini terintegrasi dengan kurikulum di Departemen Kimia FMIPA Unpad.

Di FMIPA, Prof. Shiono memberikan kuliah kepada sejumlah mahasiswa di Departemen  Kimia FMIPA Unpad untuk mata kuliah Kimia Organik dan Elusidasi Struktur.  Mata kuliah diberikan dalam lima kali pertemuan dalam satu minggu. Selain memberikan materi kuliah, Prof. Shiono juga ikut memberikan ujian akhir dan nilai pada mahasiswa.

Read more...
 
Prof. Dr. Toto Subroto, MS., “Hibah Penelitian Juga Dorong Wujudkan Unpad sebagai World Class University”

[Unpad.ac.id, 23/11/2016] Guru Besar Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Toto Subroto, M.S., mendapat hibah penelitian dari Badan European Union (EU). Hibah ini didapat melalui kerja sama riset strategis di bidang bioteknologi, bioinformatika, dan molecular modelling yang tergabung dalam EU Consortium.

EU Consortium merupakan suatu badan komisi antar negara di kawasan Eropa yang tergabung dalam badan EU. Aspek riset dan inovasi merupakan salah satu bidang kajian khusus yang menjadi aktivitas dari Badan EU.Konsorsium ini dikoordinatori Prof. Jean-Luc Mouget dari Université du Maine (UM), Perancis dengan melibatkan sekitar 20 institusi partner dari negara kawasan Eropa, Kanada, Amerika, dan Indonesia.

Read more...
 
Temu Alumni Departemen Kimia FMIPA Unpad

Saya yakin sebagian dari kita sudah mengetahui, mendengar akan adanya acara temu Alumni Kimia UNPAD yang insya Allah akan diadakan pada tanggal 8 Agustus 2015 nanti di Kampus UNPAD Gedung dua, lantai empat, Jalan Dipati Ukur no 35, Bandung.

Dan dengan email ini, saya dan bapak Dr. Zainuddin (Ketua IA Kimia) atas nama pengurus Ikatan Alumni Kimia UNPAD mengundang seluruh keluarga besar Kimia UNPAD, para senior, teman-teman semasa saya, dosen-dosen dan juga adik-adik mahasiswa untuk meluangkan waktu berkumpul pada tanggal 8 Agustus nanti.

Read more...
 
Mahasiswa Kimia Unpad Ikuti Sakura Exchange Program in Science ke Tokyo Metropolitan University

Mahasiswa Kimia Unpad bersama dosen pendamping dan dosen Tokyo Metropolitan University (TMU) saat mengikuti Sakura Exchange Program in Science di TMU Jepang, 29 Februari hingga 9 Maret 2016 lalu *

[Unpad.ac.id, 17/03/2016] Sebanyak 10 mahasiswa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unpad mengikuti Sakura Exchange Program in Science di Tokyo Metropolitan University, Tokyo, Jepang, pada 29 Februari hingga 9 Maret 2016 lalu.

Para mahasiswa tersebut yaitu Eriya Utama, Inten Ihsanun Nisa, Friska Hasugian, Septiana Akbar, Satrio Bagas Ramadhani, Sinta Marfiani, Asyifa Rizki Utami, Fitri Lastiyanti, Astri Aldelina, dan Desy Rosyani, dengan dosen pendamping Dr. rer.nat. Iwan Hastiawan dan Dr. Atiek Rostika Noviyanti.

Read more...
 
Mahasiswa Kimia FMIPA Unpad Raih Prestasi di Ajang ON MIPA-PT Tingkat Nasional

Kiri ke kanan: Dida Ridwan Taufiq, Vidia Afina Nuraini dan Kindi Farabi, mahasiswa Prodi Kimia FMIPA Unpad yang meraih prestasi di ajang ON MIPA-PT 2015 Tingkat Nasional bidang Kimia. (Foto: Tedi Yusup)

[Unpad.ac.id, 08/06/2015] Sivitas akademika Unpad kembali berhasil menorehkan prestasi di tingkat nasional. Kali ini, prestasi kali ini datang dari ajang Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Tingkat Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Tingkat Nasional untuk bidang Kimia, pada 24 – 28 Mei lalu di Hotel Pullman, Surabaya.

Delegasi Unpad yang lolos ke tingkat Nasional adalah Dida Ridwan Taufiq, Kindi Farabi, Vidia Afina Nuraini dan Radityo Pangestu, mahasiswa prodi Kimia FMIPA Unpad. Dalam ajang tersebut, Vidia berhasil meraih medali emas, sementara Dida dan Kindi berhasil meraih medali perunggu.

Read more...
 
<< Start < Prev 1 2 Next > End >>

Page 1 of 2
We have 6 guests online