Home Akademik Program Studi Program Studi D3 Analisis Kimia
Program Studi D3 Analisis Kimia

Tujuan Pendidikan Analisis Kimia:

1. Dalam waktu 3 (tiga) tahun dapat meluluskan Ahli Madya bidang Analisis Kimia yang bekerja di industri kimia, lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah dan swasta.

2. Lulusan Program Studi Analisis Kimia dapat memahami teori tentang analisis kimia dan mampu melakukan analisis baik secara konvensional maupun instrumental.

Unit Kompetensi:

1. Analisis Cemaran Lingkungan

2. Analisis Kimia Klinis

3. Analisis Makanan dan Obat


Visi:

Menjadikan program studi ahli bidang kimia terapan yang unggul dan profesional dalam mengembangkan ilmu kimia dan aplikasinya untuk dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat.


Misi Program Studi:

Mendidik dan menghasilkan lulusan sebagai tenaga terampil tingkat ahli madya yang mampu melakukan analisis, baik secara kimia maupun secara instrumental.


Tujuan Umum:

Dalam waktu 3 (tiga) tahun dapat meluluskan Ahli Madya bidang Analisis Kimia yang bekerja di industri kimia, lembaga penelitian dan pengembangan pemerintah dan swasta.

 

 

 

MOTIVATION

  1. Memiliki rasa ingin tahu dan motivasi yang kuat tentang perkembangan ilmu kimia dan terapannya serta berupaya untuk dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari untuk kepentingan masyarakat.
  2. Memiliki kemauan untuk selalu meningkatkan pengetahuan, sikap, kemampuan dan keterampilan diri.


ABILITY

  1. Mampu mengembangkan dan menerapkan ilmu kimia untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia.
  2. Mampu untuk merancang dan melakukan pekerjaan boratorium dengan menerapkan konsep teori, metode, analisis dan interpretasi hasil pekerjaan.


SKILL

  1. Terampil dalam mengelola ide, konsep dan teori, penemuan, pengembangan ilmu kimia dan terapannya sesuai dengan norma masyarakat.
  2. Terampil dalam menerapkan konsep dan pengetahuan kimia untuk menjawab permasalahan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Terampil menguasai keahlian khusus dalam bidang kimia, reaksi dasar, mekanisme reaksi, analisis kimiawi dan intrumen-instrumen yang sering digunakan dalam analisis kimiawi baik di laboratorium maupun industri


ATTITUDE

  1. Memiliki sikap pro aktif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu kimia.
  2. Memiliki kepekaan terhadap pemanfaatan sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


KNOWLEDGE

  1. Memiliki sikap yang positif dan menghargai pengembangan iptek kimia, interdisiplin, kerjasama, institusi, otoritas dan pekerjaan.
  2. Menghargai upaya interdisiplin dalam mengeksplorasi, memanfaatkan, dan melestarikan sumber daya alam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  3. Memiliki ketajaman berfikir analisis terhadap data yang diperoleh dari laboratorium dan lapangan secara akurat.